PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN PRODUK FLORIDINA

The Effect of product quality and prices on customer loyalty to Floridina product customers

Authors

  • Surianti Manajemen FE Unwir

DOI:

https://doi.org/10.31943/investasi.v4i2.12

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada produk
Floridina di PT. Multi Inti Parahiyangan Depo Jatibarang, Indramayu. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan
kuisioner terhadap 94 responden pelanggan PT. Multi Inti Parahiyangan. Kualitas produk Floridina pada PT. Multi
Inti Parahiyangan yaitu mencapai 79,90% termasuk kedalam kategori baik. Tingkat harga pada produk Floridina pada PT.
Multi Inti Parahiyangan yaitu mencapai 90,85 % termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Loyalitas pelanggan pada produk
Floridina di PT. Multi Inti Parahiyangan yaitu mencapai 88,66 % termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Hasil dari persamaan
analisis regresi berganda untuk dua prediktor diperoleh Y= (-6,437) + 1,079 X1 + (-0,0125) X2 Hasil analisis korelasi X1 terhadap Y yaitu r
x1y = 0,12 membuktikan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan yang sangat rendah dan
positif. Sedangkan besarnya pengaruh X1 terhadap Y dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi kd x1y = sebesar 1,45% dan
sisanya 98,55% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil Uji hipotesis dengan menggunakan uji (t) diperoleh t hitung x1y
= 1,160 dengan ttabel = 1,980 sehingga (1,160 < 1,980) maka Hipotesis awal diterima dan Hipotesis alternatif ditolak.
Hasil analisis korelasi X2 terhadap Y yaitu r x2y = (- 0,81) membuktikan bahwa terdapat hubungan pengaruh harga terhadap
loyalitas pelanggan yang sangat kuat dan negatif. Sedangkan besarnya pengaruh X2 terhadap Y dapat diihat dari hasil koefisien
determinasi kd x2y = sebesar 65,61% Sedangkan sisanya 34,39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis
dengan menggunakan uji (t) diperoleh t hitung x2y = (- 13,324) dengan ttabel = 1,980 sehingga (- 13,324 < 1,980) maka Hipotesis
awal diterima dan Hipotesis alternatif ditolak. Hasil analisis korelasi X1 dan X2 terhadap Y yaitu r x1x2y = 0,342 menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan yang rendah dan positif. Dan besarnya pengaruh
X1 dan X2 terhadap Y dari hasil koefisien determinasi kd x1x2y = 11,67% sedangkan sisanya 88,33% dipengaruhi oleh faktor-
faktor lainnya yang tidak diteliti. Uji hipotesis dengan menggunakan uji (t) diperoleh t hitung x1x2y = 35,633 dengan
ttabel = 1,980 sehingga (35,633 > 1,980) maka Hipotesis alternatif diterima dan Hipotesis awal ditolak

Published

2018-11-30