PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN IKLAN TERHADAP PENJUALAN PADA UKM BERKAH LAUT ERETAN KULON

The effect of distribution channels and advertising to sales on UKM Berkah Laut Eretan Kulon

Authors

  • Surianti Universitas Wiralodra
  • Widia Wati Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/investasi.v4i1.37

Keywords:

Saluran Distribusi, Iklan, Penjualan

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada UKM Berkah Laut Eretan Kulon, data diperoleh dari observasi, wawancara menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 79 orang pelanggan sebagai responden. Saluran Distribusi pada UKM Berkah Laut
termasuk dalam klasifikasi baik, karna terdapat : membuat prodak atau jasa yang siap digunakan, dan menyalurkan produk dalam status kepemilikan dari produsen ke konsumen, atribut bernilai lainnya yaitu 76% termasuk dalam klasifikasi “baik”
Iklan pada UKM Berkah Laut Eretan Kulon, termasuk dalam klasifikasi sangat baik, karna terdapat : komunikasi non personal yang dibiayai oleh sponsor, bagian dari bentuk promosi yang digunakan oleh perusahaan, dan media komunikasi dengan sejumlah biaya yang dilakukan oleh perusahaan, atribut bernilai lainnya yaitu 81% termasuk dalam klasifikasi “sangat baik”
Penjualan pada UKM Berkah Laut Eretan Kulon, termasuk dalam klasifikasi baik, karna terdapat : sumber pendapatan untuk menutup biaya, harapan untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan barang atau jasa yaitu sebesar 80%
termasuk dalam kategori “baik”.
Analisis korelasi antara saluran distribusi terhadap penjualan yaitu ryx1 =0.433 maka korelasi saluran distribusi terhadap penjualan termasuk dalam korelasi sedang. Antara iklan terhadap penjualan yaitu ryx2 = 0.361 maka korelasi antara iklan terhadap penjualan tergolong dalam korelasi sedang. Antara saluran distribusi dan iklan secara simultan terhadap penjualan yaitu, ryx1x2 = 0.544 maka korelasi saluran distribusi dan iklan terhadap penjualan tergolong dalam korelasi sedang.
Uji hipotesis antara saluran distribusi terhadap penjualan diperoleh t hitung = 4.213 sedangkan T tabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 1.991 Karna t hitung lebih besar dari Ttabel 4.213 > 1.991 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara saluran distribusi terhadap penjualan. Antara iklan terhadap penjualan diperoleh t hitung = 3.395 sedangkan T tabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 1.991 Karna T hitung lebih besar dari T tabel 3.395 > 1.991 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh antara iklan terhadap penjualan. Antara saluran distribusi dan iklan secara simultan terhadap penjualan diperoleh t hitung = 5.684 sedangkan Ttabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 1.991 Karna Thitung lebih besar dari Ttabel 5.684 > 1.991 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara saluran distribusi dan iklan terhadap penjualan

Published

2018-04-09