PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, EFEKTIVITAS DAN RISIKO TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN APLIKASI OVO STUDI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

Authors

  • Fatma Nasir Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan aplikasi OVO. Variabel independen terdiri dari Persepsi Kemudahan Penggunaan (X1), Efektivitas (X2) dan Risiko (X3). Variabel dependen adalah Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi OVO (Y).

Kriteria yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa periode 2016-2020, pernah bertransaksi
menggunakan aplikasi uang elektronik OVO dengan masa penggunaan minimal selama satu bulan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara
online dengan menyebarkan survei kuisioner menggunakan Google Form kepada minimal 105 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahpurposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 23.
Hasil ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi minat bertransaksi menggunakan aplikasi OVO. Efektifitas berpengaruh signifikan negatif terhadap minat bertransaksi menggunakan aplikasi OVO. Risiko berpengaruh signifikan negatif terhadap minat bertransaksi menggunakan aplikasi OVO. Secara simultan variabel persepsi kemudahan penggunaan,
efektivitas dan risiko secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan aplikasi OVO.

Downloads

Published

2021-01-31