PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE)

(Studi Kasus pada Perusahaan Property yang terdaftar di LQ45)

Authors

  • Miftakhul Zannah Universitas Wiralodra
  • Aan Juhana Senjaya Universitas Wiralodra
  • Samsul Anwar Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/investasi.v7i4.153

Keywords:

Perputaran Modal, Pertumbuhan Penjualan, Return On Equity

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan pertumbuhan penjualan terhadap return on equity (ROE)
pada perusahaan property yang terdaftar di LQ45. Penelitian dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2015-2020 melalui Galeri Investasi Bursa Efek
Indonesia Universitas Wiralodra. Jumlah sampel yang digunakan 3 perusahaan property dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik untuk memastikan model regresi linier yang digunakan telah memenuhi asumsi dasar dari analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on equity (ROE), pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap return on equity (ROE) dan secara simultan perputaran modal kerja dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on equity (ROE). 

Downloads

Published

2021-09-30