THE INFLUENCE OF DEMOGRAPHY AND PSYCHOGRAPHY AS MARKET SEGMENTATION VARIABLES TOWARD CUSTOMER’S PURCHASE DECISION: A CASE STUDY AT TOSERBA YOGYA MAJALENGKA

Authors

  • Muhammad Fikry Januar Januar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vanessa Gaffar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/investasi.v8i1.181

Keywords:

Market segmentation, Demographics, Psychographics, Purchase decision

Abstract

Persaingan dalam penjualan menuntut perusahaan melakukan berbagai inovasi strategi marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh demografis dan psikografis sebagai variabel segmentasi pasar terhadaap keputusan pembelian konsumen Toserba Yogya majalengka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan objeknya adalah Toserba Yogya Majalengka. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan diperoleh sampel yang valid sebanyak 50 responden. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, sedangkan untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah uji t dan uji f. Berdasarkan hasil pengujian model (Uji T) secara parsial dapat disimpulkan bahwa segmentasi Demografis (X1), Psikografis (X2), berpengaruh positif dan signifikan tterhadap Keputusan pembelian (Y). Selain itu, berdasarkan hasil (uji F) penelitian ini menunjukkan segmentasi
demografis dan segmentasi psikografis secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Toserba Yogya Majalengka.

Downloads

Published

2022-01-11