PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP PRODUK PRIVATE LABEL
(Studi Pada Indomaret Setiabudhi)
DOI:
https://doi.org/10.31943/investasi.v9i4.296Keywords:
Private Label, Citra Merek, Minat BeliAbstract
Bisnis ritel di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yakni ritel tradisional dan ritel modern. ritel modern memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan ritel tradisional. Pertumbuhan jumlah ritel di Indonesia juga diikuti dengan semakin banyaknya produk private label dipasaran. Private label dikenal sebagai merek toko, merek sendiri, merek pengecer, dan merek distributor grosir sendiri. Citra terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Konsumen yang memiliki citra yang positif terhadap suatu merek, akan lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian. Dalam penelitian ini bagaimana pengaruh citra merek terhadap private label. Penelitian ini menggunakan cross sectional method dengan pendekatan veritikatif deskriptif serta teknik analisis data untuk hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai p = 0,000 maka semua pengaruh antar variabel tersebut secara statistik signifikan serta dari hasil uji hipotesis didapat nilai thitung 5.891 > ttabel 2.02439 dan nilai signifikansi 0.000 < nilai probabilitas 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, sehingga dapat disimpulkan bahwa citra merek memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap produk private label di indomaret Setiabudhi. Artinya semakin baik citra merek, maka semakin tinggi kemungkinan konsumen berminat membeli produk private label
References
Tribunnews.com. 2016. Pertumbuhan Industri Ritel
Aprilia Listiyani, 2011. Pengaruh karakteristik Produk Terhadap Intensi Pembelian Produk Private label.
Alexander, 2014. Analisis citra merek (brand imange) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek Ades PT. Ades Alfindo Putra Jaya
Cahya & Sugiharto. 2014. Pengaruh Private brand (private brand) stategy terhadap brand loyality pada air mineral 600ml merek alfa di Alfamart Siwalankerto Tannur, 2014. Keunggulan Private label dibandingkan merek nasional pada ritel hypermarket
Hartanto & Haryanto, 2012. Pengaruh display, kepercayaan merek, keakraban merek, persepsi harga terhadap intensi pembelian “Private label” dan pembelian terencana.
Chimhundu, 2011. Private label marketing performance: An analysis of historical trends using theories of cumulative change and punctuated equilibrium.
Dursun, Inci et al. 2011. Store Brand Purchase Intention: Effects of Risk, uality Familiarty and Store Brand Shelf Space, Journal International Strategic Management Confedence, Elseiver. Vol 24 pp 1190-1200
Rofiq, A. & Hufrom, M. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di powernoise store. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen Vol 7 (2): 152-167.
Luftiani, E. I. (2016). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian pada Produk Merek Toko (Studi Kasus pada Konsumen Bio Organik di Supermarket Superindo Yogyakarta). Working Paper: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kakkos, N., Trivellas, P., & Sdrolias, L. (2015). Identifying Drivers of Purchase Intention for Private label Brands: Preliminary Evidence from Greek Consumers.Procedia - Social and Behavioral Sciences 175: 522 – 528.
Purba, Johanes S.2012.Analisis Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Private labels Hypermarket Carrefour Di Kota Semarang. Skripsi Program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. (tidak dipublikasikan).
Purwati & Rohmawati. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) Vol 2 No 3.
Bramasto, A., & Indriani, F. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli produk Private label. Diponegoro Journal of Management 6 (4):
Fuan Li and Paul W. Miniard, 2006. On The Potential For Advertising to Facilities Trust In The Advertised Brand
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid I dan 2 Jakarta : Prenticehall
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid Edisi I2 Jilid I. Jakarta : Prenticehall
Kotler dan Amstrong 2006. Prinsip – Prinsip Pemasaran.Jakarta : PT Indeks
Kotler dan Amstrong 2007. DasarDasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 7.Jakarta : PT Indeks
Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil
Sopiah, & Syihabudin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET. Sondoh
Sugiama, A. Gima. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Guardaya Intimarta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,
Wu, Paul C.S et al., 2011, The Effect of Store Image and Service quality on Brand Image and Purchase Intention for Private label brands, Journal of Marketing Research, Vol 19 pp 30 – 39.