STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM AYAM PETELUR DI BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.31943/investasi.v9i4.299Keywords:
Kabupaten Bojonegoro, Pemasaran Digital, Platform Digital, WirausahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami upaya UMKM ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro dalam menerapkan pemasaran digital. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan strategi studi kasus, yang melibatkan analisis mendalam terhadap kasus-kasus yang relevan. Penelitian ini mencakup beberapa dimensi, antara lain faktor-faktor yang menghambat keputusan penggunaan platform digital oleh UMKM ayam petelur, aktivitas pemasaran digital yang telah dilakukan, kinerja bisnis yang dicapai, kendala yang dihadapi dalam pemasaran digital, dan rekomendasi yang dapat diberikan kepada pemangku kepentingan untuk optimalisasi pemasaran digital. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang tantangan dan potensi dalam menerapkan pemasaran digital bagi UMKM ayam petelur di Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi dan kebijakan yang lebih efektif dalam mendukung perkembangan usaha mikro dan kecil di sektor tersebut. Data melalui wawancara mendalam dan FGD terhadap 2 pemilik UMKM Ayam Petelur dan LSM Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan mengadopsi platform digital, namun indikator keterampilan karyawan menghambat pengambilan keputusan. Penerapan pemasaran digital dan kinerja bisnis bisa lebih optimal. Oleh karena itu, hambatan utama dalam kegiatan pemasaran digital adalah terbatasnya kapasitas, kapabilitas, dan jumlah SDM dalam organisasi yang dapat memasarkan secara digital. Oleh karena itu, rekomendasi yang diajukan adalah peningkatan literasi digital dan kolaborasi pemangku kepentingan melalui pelatihan, pendampingan, dan bantuan tenaga kerja.
References
Aryanto, & Farida, I. (2022). Faktor Penentu Penerapan Akuntansi Digital pada UMKM: Intervensi Pemerintah sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 24(2), 305–318. https://doi.org/10.34208/JBA.V24I2.1473
Aswin, U., Gustina, L., & Rahma Dianti, M. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner di Cafe Uniang Pasca Pandemi Covid-19: GOFOOD DAN SHOPEEFOOD. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 2023. https://doi.org/10.47233/jpmittc.v2i1.1042
Asy’Ari, H. (2009). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai modal sosial pada PT NEWMONT. http://eprints.undip.ac.id/17529/
Awa, H. O., Ojiabo, O. U., & Orokor, L. E. (2017). Integrated technology-organization-environment (T-O-E) taxonomies for technology adoption. Journal of Enterprise Information Management, 30(6), 893–921. https://doi.org/10.1108/JEIM-03-2016-0079/FULL/HTML
Baker, J. (2012). The Technology–Organization–Environment Framework. 231–245. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-6108-2_12
bojonegorokab. (2023). Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Https://Ngasem.Bojonegorokab.Go.Id. https://ngasem.bojonegorokab.go.id/menu/detail/6/WilayahKecamatan
Chaffey, D., Chadwick, & Ellis, F. (2019). Digital Marketing - Seventh Edition. Pearson.
Desembrianita, E., & Hutauruk, F. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: Perspektif Akuntansi Manajemen. Jurnal Aktiva RIset, 5(2), 2023–2058. https://aktiva.nusaputra.ac.id/article/view/185
Fuadah, N., & Hakimi, F. (2020). Financial Performance Dan Market Share Pada Bank Umum Syariah Devisa Indonesia: Perspektif Teori Stakeholder. Jurnal Penelitian Iptek, 6. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/3656
Hapriyanto, A. (2024). Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Era Digital. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 2(1). https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/255
Kitchen, P. J., & Daly, F. (2002). Internal communication during change management. Corporate Communications: An International Journal, 7(1), 46–53. https://doi.org/10.1108/13563280210416035/FULL/HTML
Kotler, P. (2022). The Battle between Commercial Marketing and Social Marketing. Social Marketing Quarterly, 28(4), 325–331. https://doi.org/10.1177/15245004221136334
Kotler, P., & Keller, KL. (2009). Menejemen Pemasaran. Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/13877/4/BAB%20II.pdf
Kotler, P. T., & Amstrong, G. (2017). Principles of Marketing, eBook, Global Edition: Principles of Marketing. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Philip+T.+Kotler+dan+Gary+Armstrong&btnG=
Kusumaningtyas, M., Fahamsyah, Mh., Lestari, S., Mahardhika Surabaya, S., & Pelita Bangsa, U. (2021). PERAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI EKONOMI TRANSISI. Ojs.Stiemahardhika.Ac.Id, 19(3). http://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/278
Limanseto, H. (2022). Berperan Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Digital, Pemerintah Dorong Akselerasi Adopsi Teknologi Digital oleh UMKM - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Https://Www.Ekon.Go.Id/Publikasi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4662/berperan-dalam-peningkatan-pertumbuhan-ekonomi-digital-pemerintah-dorong-akselerasi-adopsi-teknologi-digital-oleh-umkm
Made, I., Kartika Yudha, E., Putu, N., Haryanti, P., Suhartika, I. P., Nyoman, N., Suasih, R., Studi, P., Pembangunan, E., Udayana, U., Udayana, P., & Sudirman, J. P. B. (2022). PENGUATAN BISNIS UMKM “MADU YBS” MELALUI PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DAN FASILITASI DOKUMEN LEGALITAS PRODUK. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 114–122. https://doi.org/10.29303/ABDIINSANI.V9I1.428
Nurani, M. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (studi Pada Sentra UMKM Keripik Pisang Jalan …. http://repository.radenintan.ac.id/7383/1/SKRIPSI%20MUTIARA%20NURANI.pdf
Purwaningsih, R. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis. Publikasiilmiah.Unwahas.Ac.Id. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/1113
Ryan, D., & Jones, C. (2011). The best digital marketing campaigns in the world: mastering the art of customer engagement.
Sakistia, F., Junaedi, D., Sri, R., Iai, A., Laa, N., & Bogor, R. (2023). Ekosistem SDM dan Inovasi Ekonomi Digital di Indonesia. Sci-Tech Journal (STJ), 2(1), 11–31. https://doi.org/10.56709/STJ.V2I1.60
Santoso, T. B. (2023). Karang Taruna di Bojonegoro Budidaya Ayam Petelur, Diuntungkan Harga Tinggi. Beritajatim.Com. https://beritajatim.com/ekbis/karang-taruna-di-bojonegoro-budidaya-ayam-petelur-diuntungkan-harga-tinggi/
Saputra, N., Marliani, S., & Yuliawati, J. (2024). Penerapan Media Digital dalam Penjualan untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Bolu Kijing di Desa Jayamakmur Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.5294
Shabana, K. M., Buchholtz, A. K., & Carroll, A. B. (2017). The Institutionalization of Corporate Social Responsibility Reporting. Business and Society, 56(8), 1107–1135. https://doi.org/10.1177/0007650316628177
Simatupang, B. E., Pasaribu, R. M., Simanjuntak, A. N., Pasaribu, H. D. S., & Matondang, V. (2021). Kepercayaan Konsumen Memediasi Omnichannel Integration Quality Pada Niat Pembelian Kembali di PT Pegadaian (Persero) Medan. Ejurnal.Seminar-Id.Com, 3(2), 77. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1057
Subagyo, A., Handoko, R., & Wahyudi, H. (2022). Pentahelix Policy Management Paradigm as A Model for Disaster Management in Bojonegoro Regency East Java. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 5(4), 739–750. https://doi.org/10.29138/IJEBD.V5I4.1906