PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Noval Fahlevi Universitas Budiluhur
  • Muhammad Agung A. Djafar Universitas Budiluhur
  • Faris Nur Abdurrahman Universitas Budiluhur
  • Gandung Triyono Universitas Budiluhur

DOI:

https://doi.org/10.31943/investasi.v10i2.306

Keywords:

E-Commerce, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap kepuasan pelanggan pengguna WhatsApp Care Advance PT Infomedia Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal dan sampel 267 responden. Data dikumpulkan melalui wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi sederhana berganda dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial dari e-commerce terhadap kepuasan pelanggan pengguna WhatsApp Care Advance PT Infomedia Nusantara. Hal ini berarti bahwa penggunaan e-commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan pengguna platform tersebut.

References

Baum, David. 2009. E-Commerce. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Barkatullah, Abdul Halim., & Prasetyo, Teguh. 2009. Bisnis E-commerce (Studi Sistem Keamanan Dan Hukum di Indonesia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fandy Tjiptono, & Gregorius Chandra. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi Offset

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjanto. 2010. Total Quality Control. Jakarta: Rineka Cipta. Husein, Umar, 2005. Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunis Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-VI : 2085-1375. Kalakota, R. & Whinston, A. B. 1997. Electronic Commerce: a Managers Guide, Addison-Wesley. United States of America.

Kotler, P., 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. PT. Prehallindo, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kuswadi. 2004. Cara Mengukur Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT. Elex Media Kompotindo.

Markovic, S., & Jankovic, S.R. 2013. .Exploring The Relationship Between Service Quality and Customer Satisfaction in Croatian Hotel Industry. Tourism and Hospitality Management.

McLeod, Raymond, Jr & schell, George P. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto dan Afia R. Fitriati. Jakarta: Salemba Empat.

Peter, J. P., & Olson, J. C. 2005. Consumer Behaviour and Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Rangkuti, Freddy. 2003. Riset Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi IBII

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Rofiq Ainur. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pelanggan E-Commerce di Indonesia). Tesis Program Studi PascaSarjana Fakultas Ekonomi Universitas Malang.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Suyanto. 2011. Analisis regresi untuk uji hipotesis. Yogyakarta. Caps Suyanto, M., 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2024-07-09