PENGARUH AKTIVA LANCAR DAN MODAL SENDIRI TERHADAP PROFITABILITAS

Effect Of Current Assets And Own Capital On Profitability

Authors

  • Dwi Kriswanto Universitas Wiralodra
  • Galih Purnama Siddik Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/investasi.v4i1.33

Keywords:

Aktiva Lancar;, Modal Sendiri;, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktiva lancar dan modal sendiri terhadap profitabilitas. Penelitian dilaksanakan pada PD. Sri Tanjung Kabupaten Indramayu. Data diperoleh dari Laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laporan laba rugi dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015.

Berdasarkan dari hasil analisis data yang diperoleh koefisien korelasi X1 terhadap Y sebesar 0,081 yang berarti bahwa perolehan aktiva lancar terhadap profitabilitas mempunyai hubungan positif dan keeratan hubungan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Koefisien korelasi X2 terhadap Y sebesar 0,647 yang berarti pula bahwa perolehan modal sendiri terhadap profitabilitas mempunyai hubungan positif dan sangat kuat. Koefisien korelasi antara X1 terhadap X2 sebesar 0,903 yang berarti bahwa perolehan aktiva lancar terhadap modal sendiri mempunyai hubungan positif dan sangat kuat.

Nilai koefisien determinasi (Kd) yang diperoleh dalam penelitian ini dari X1 terhadap Y diperoleh hasil sebesar 33,80%, hal ini menjelaskan bahwa perolehan aktiva lancar terhadap profitabilitas usaha sebesar 33,80%, sedangkan sisanya sebesar 66,20%  yang merupakan faktor-faktor lain yang mempengaruhi profitabilitas. Pada X2 terhadap Y diperoleh hasil sebesar 41,86% hal ini berarti menunjukkan adanya modal sendiri memiliki pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 41,86% yang sisanya sebesar  58,14% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi profitabilitas

Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara aktiva lancar terhadap profitabilitas maka digunakan uji hipotesis dengan membandingkan thitung dengan ttabel. Untuk melihat pengaruh aktiva lancar terhadap profitabilitas hasil yang diperoleh dalam Uji t dimana thitung lebih kecil dari ttabel (1.115 < 2.776) dan tingkat kesalahan mencapai 5%.  Artinya tidak ada pengaruh aktiva lancar terhadap profitabilitas. Kemudian untuk pengaruh modal sendiri terhadap profitabilitas hasil yang diperoleh dari Uji t yaitu dimana thitung lebih kecil dari ttabel (1.967 < 2.776), artinya tidak ada pengaruh modal sendiri terhadap profitabilitas.

Published

2018-04-09